SMA 3 Painan Tingkatkan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa

Painan, Pesisir Selatan – Tahun 2018, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Painan meningkatkan kegiatan kewirausahaan bagi siswanya.

Hal itu merupakan aktualisasi dari program Sekolah Kewirausahaan berdasarkan SK Direktur Pembinaan SMA Nomor 1804.3/D4/KP/2017 tertanggal 10 Mei 2017 tentang Sekolah Pelaksana Program Kewirausahaan di SMA.

Dimana, sekolah unggul yang berada di Sago, Kecamatan IV Jurai itu telah ditetapkan dalam 204 SMA Program Kewirausahaan yang tersebar di 188 kabupaten/kota, dan 34 provinsi.

Kepala Sekolah SMAN 3 Painan, Salim Muhaimin, Selasa 27 Maret 2018 di Sago mengatakan, program pembinaan yang diberikan kepada SMA Kewiraushaan tersebut, antara lain asistensi penyusunan program kerja SMA Program Kewirausahaan, bantuan pemerintah pelaksanaan SMA Program Kewirausahaan, dan workshop pengelolaan SMA Program Kewirausahaan bagi penanggungjawab kegiatan SMA Program Kewirausahaan.

Ia mengungkapkan, saat ini di Sumatera Barat ada lima sekolah kewirausahaan, termasuk salah satunya SMAN 3 Painan.

“Sekolah kewirausahaan, dimana sekolah mengajarkan dan melatih siswa per kelompok usaha untuk membuat sebuah produk yang berinovasi dan berkreasi yang bisa dipasarkan. Intinya, siswa dilatih untuk berjiwa wirausaha,” sebutnya.

Terkait program tersebut, maka sekolah bersama OSIS SMAN 3 Painan selama ini menggelar kegiatan Bazar Kewirausahaan di halaman sekolah setempat.

Bazar menampilkan berbagai produk yang dikelola oleh para siswa yang memiliki nilai ekonomis, berupa kuliner dan hasil kerajinan tangan-tangan trampil.

Menurutnya, bazar menjadi daya tarik tersendiri, dimana siswa bisa berinovasi dan berkreasi untuk menyajikan berbagai produk yang memiliki nilai ekonomis. “Melalui kegiatan ini semakin menumbuhkan jiwa kewiraushaan di kalangan siswa,” jelasnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia