Pemkab Pessel Minta Nagari Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Sekretaris Daerah Pesisir Selatan Erizon. Foto : Klikpositif

Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meminta agar setiap pemerintahan Nagari membuat program maupun kegiatan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sekretaris Daerah Pessel, Erizon mengatakan, hal itu dilakukan, agar manfaat pembangunan dari Nagari dapat dirasakan lebih maksimal bagi setiap masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Menurut Erizon, setiap Nagari memiliki potensi yang berbeda. Makanya, pemerintah nagari harus bisa mengolahnya dengan baik untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Jabatan walinagari adalah amanah. Untuk itu, laksanakan amanah itu dengan baik dan penuh tanggungjawab. Kemudian, jangan manfaatkan potensi yang dimiliki untuk kepentingan pribadi. Kedepan, jadikanlah nagari berprestasi dalam berbagai hal,” kata Erizon di Painan, Pesisir Selatan, Kamis 10 Oktober 2019.

Ia berharap agar pemerintah nagari menjalin komunikasi yang baik dengan Bamus, perangkat nagari dan semua unsur yang ada agar roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Setiap program yang berorientasi pada masyarakat hendaknya dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan Bamus. Itu sebuah langkah positif agar program tadi bisa berjalan sesuai harapan dan didukung oleh berbagai unsur nagari,” ujarnya.

Selanjutnya, pemerintah nagari diminta mengelola keuangan nagari sesuai aturan yang berlaku. Sementara pembangunan yang dilaksanakan harus betul-betul pro rakyat.

Setiap dana yang dikeluarkan oleh pemerintahan nagari harus bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi saat ini pengawasan keuangan dilakukan berlapis mulai dari Inspektorat, BPKP, BPK bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Oleh karena itu, hindari kebijakan terkait pengelolaan keuangan nagari yang melanggar hukum. Pengelolaan keuangan harus berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang belaku,” pintanya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia